Posted by : Ridwan Sobirin Sunday, October 23, 2011


Mapinsa in Dewata


"Maka Ridwan, kenanglah momen-momen yang berharga ini dengan indah...."
Inilah salah satu dari berbagai kegiatan yang saya selalu harapkan kedatangannya di Asrama Mapinsa. Zzzzz... Lebay Detected. Haha. Betapa tidak, personally kegiatan inilah yang memberikan saya berbagai pengetahuan dan perspektif baru. Inilah sesuatu yang bernama kajian BPB. 

Kini, dalam seminggu kita mempunyai tiga bentuk kajian. Horaaayy! Haha. Kajian yang pertama dilaksanakan pada malam Jum'at, yakni Kajian Mingguan. Kajian  ini diisi dengan materi dari berbagai bidang, antara lain Leadership Development, Keagamaan, Sosial, Entrepreneursip, hingga Kesehatan. Dalam setiap bidang tersebut, kita mendatangkan pemateri ataupun trainer yang memang expert di bidangnya. 


Pernah pada satu waktu saya bablas ketiduran hingga ketinggalan kajian ini. Huffhhh. Hahaha. Pas bangun, eh, udah selesai kajiannya. (=_=)'  How pity I am!

Satu hal lagi yang saya sukai dari kajian ini adalah kebersamaannya. Biasanya, setelah kajian berakhir, satu atau dua orang dari kita memiliki tugas untuk membeli makanan dari dana yang memang disediakan. Sambil makan, biasanya kita juga sambil bercerita dan berguyon tentang berbagai hal. Sesuatu banget lah! Wew! Haha.


Kajian yang kedua adalah Kajian Kontemporer. Kajian yang satu ini dilaksanakan pada hari Selasa Malam Ini adalah tempat bagi para mahasiswa untuk menanggapi berbagai fenomena aktual yang terjadi di dalam masyarakat, baik itu berskala nasional maupun internasional. Di sinilah kepekaan, gagasan, serta critical thinking kita sebagai mahasiswa dituangkan, kemudian dirunut ke sebuah solusi yang dirancang bersama-sama. Kajian ini terasa hangat karena setiap orang dapat menuangkan persepsi yang berbeda tentang kondisi atau pun masalah yang dibahas.

Kajian kontemporer juga tidak hanya berupa diskusi tanpa arahan. Karena kita terdiri dari berbagai bidang keilmuan yang berbeda-beda, maka beberapa dari kita yang terkait dengan tema diskusi dijadikan sebagai penyaji materi, setidaknya memperkenalkan memberikan pengantar tentang isu yang akan dibahas tersebut.

Kajian terakhir adalah kajian berbahasa inggris bernama English Weekly Forum. Kajian ini dilaksanakan pada  Sabtu Malam. Hal yang ditonjolkan dari kajian ini selain diskusinya adalah pada pengembangan softskill dan bahasa inggris. Mengingat pentingnya peran softskill, seperti  public speaking, presentation skill, negotiation skill, dsb. serta dominannnya peran bahasa inggris di era integrasi global sekarang ini, maka dibuatlah kajian yang satu ini.

Selain diskusi interaktif, di kajian ini juga tersedia sesi grammar, vocabulary, dan simulasi yang dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan bahasa inggris kita semua.

Itulah gambaran sekilas mengenai berbagai kajian yang terdapat di asrama saya. Kata-kata di Blog ini tidaklah cukup untuk menggambarkan semuanya secara detail. 

Inilah salah satu kegiatan yang saya sangat tunggu kedatangannya di asrama karena di dalamnya terdapat berbagai moment yang  dapat saya kenang di hari tua kelak. Menjadi kisah klasik di hari senja nanti. Dan pasti, saat tua nanti, aku akan tersenyum ketika mengenang kejadian-kejadian itu.



"Maka Ridwan, kenanglah momen-momen yang berharga ini dengan indah...."

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Ridwan Sobirin. Powered by Blogger.

- Copyright © Ridwan's Personal Light Thoughts -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -