Posted by : Ridwan Sobirin Monday, January 13, 2014



Ini adalah pesan singkat yang saya ambil berdasarkan pada pengalaman saya kuliah dulu. Khusus saya tulis untuk kalian adik-adik yang masih percaya dengan kehebatan pribadinya.

Bahwa belajarlah kalian dengan sebenar-benarnya belajar. Dengan tekun. Dengan niat yang begitu baik dan ikhlas untuk belajar. Tidak, bukan hanya karena ingin mendapatkan nilai-nilai itu. Tidak. Belajarlah dengan semurni-murninya niat belajar.

Jika hal tersebut tidaklah cukup bagimu, maka pergilah ke luar, jelajahilah setiap tempat yang menarik perhatianmu itu, aktiflah di berbagai kegiatan organisasi maka berbagai dinamika di dalamnya akan melatihmu menghadapi hidup, lebarkan jejaringmu, cobalah menjadi sukarelawan di berbagai kegiatan sosial maka kepribadianmu akan tumbuh dan rasa syukur akan memenuhi seluruh hatimu. Dan itu baik bagi perkembangan jiwamu. Dirikanlah bisnismu sendiri, kunjungilah teman-teman lamamu, pergilah ke tempat-tempat mereka yang jauh lebih tidak beruntung darimu. Maka kamu akan tumbuh. Jiwamu akan kaya. 

Jangan takut.

Jangan membuang waktu dan potensimu. Jangan merasa ingin cepat mendapatkan hasil dan selesai dalam waku yang singkat. Padahal, kamu tidak pernah menikmati dan memahami prosesnya.

Jagalah perangai dan ucapan. 

Jangan menunda-nunda. Jangan manja dan bermalas-malasan.

Jangan.


Saya, saat mengajar di salah satu SD di Kabupaten Garut.
Lihatlah pada kaki kami. Apa yang kamu rasakan? Ini adalah keadaan negaramu.
Mau merubahnya? Mari jabat erat tanganku. Kita harus merubahnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Ridwan Sobirin. Powered by Blogger.

- Copyright © Ridwan's Personal Light Thoughts -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -